Hidayat Dari Gersik

Nama saya Hidayat, kelahiran kota Gresik, Jawa Timur. Saya merupakan alumni dari SMK Assa’adah, Bungah Gresik, lulus tahun 2012, jurusan Teknik Mesin. Kemudian saya melanjutkan kuliah S1 di Universitas Trunojoyo Madura dengan bantuan beasiswa Bidik Misi jurusan Teknik Industri, lulus tahun 2016. Dan melanjutkan Kuliah S2 diluar negeri dengan bantuan beasiswa LPDP melalui jalur afirmasi Bidik Misi di University of Malaya, Malaysia, jurusan Master of manufacturing Engineering.

Perjuangan saya sebelum menjadi mahasiswa Bidik Misi tergolong agak unik, karena saya merupakan lulusan dari SMK yang memang ranahnya dicetak oleh kurikulum disekolah untuk menjadi orang yang mempunyai cukup skill atau kemampuan yang dipersiapkan untuk siap kerja. Pada saat kelas 12 SMK mulailah ada pikiran untuk melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan. Sebelumnya untuk melanjutkan kuliah tidak pernah terpikir olehku, karena ketika berbicara tentang perkuliahan maka berbicara tentang biaya. Tetapi hal tersebut terbantahkan, karena ada seorang guru mata pelajaran kimia saya di SMK yang memotivasi untuk melanjutkan kuliah. Awal mula saya mengenal Bidik Misi karena guru mata pelajaran komputer di SMK memberi informasi tentang apa itu Bidik Misi. Setelah penjelasan panjang lebar dari guru saya, ternyata saya bisa masuk kriteria beasiswa Bidik Misi. Alhamdulillah saya diterima sebagai calon mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura untuk jurusan Teknik Industri, sekaligus mendapatkan beasiswa Bidik Misi.

Perjuangan setelah lulus kuliah, pada saat seminar proposal saya sudah berniat untuk melanjutkan kuliah S2. Saya mencari informasi tentang beasiswa S2 diinternet dan juga mendatangi seminar yang berkaitan dengan beasiswa S2. Dikampus saya tidak pernah ada seminar tentang beasiswa pada waktu itu, jadi saya harus mendatangi seminar maupun edu fair yang jaraknya jauh dari tempat tinggal saya, yaitu dikota Surabaya dan Malang. Dengan uang pas-pasan hasil tabungan dari beasiswa bidik misi, saya berangkat ke kampung inggris Pare untuk belajar TOEFL, sebagai persyaratan beasiswa. Selama dikampung inggris, saya tidak hanya belajar, setelah sedikit menguasai bahasa inggris, saya juga sempat menjadi tutor dibeberapa kursusan. Beasiswa Bidik Misi bagi saya merupakan sebuah anugrah Tuhan YME, karena ini tidak terhenti sampai lulus kuliah S1 saja. Berkat beasiswa ini juga, saya mampu mendapatkan beasiswa S2 di Luar Negeri, di Negara Malaysia, dengan jurusan yang saya harapkan yaitu Master of Manufacturing Engineering. Melalui beasiswa Bidik Misi saya mendaftar beasiswa yang ditangani oleh pemerintah yaitu beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) Indonesia, melalui jalur Afirmasi. Jalur afirmasi merupakan jalur khusus yang salah satunya adalah diperuntukkan bagi alumni penerima beasiswa Bidik Misi. Jadi dengan kesempatan ini, saya bisa melanjutkan kuliah S2. Selain itu juga, LDPD memberikan program pengayaan bahasa inggris, yaitu bimbingan IELTS bagi penerima beasiswa yang penerimaannya melalui jalur afirmasi.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *