Berani Mimpi Berani Aksi

Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri, dalam hal ini berkuliah di Institut Teknologi Bandung, saya yakini merupakan cita-cita besar dari banyak anak negeri, baik yang tinggal di kota maupun desa, di Jawa maupun luar Jawa, baik dari kalangan bangsawan ataupun rakyat biasa, baik dari yang berkemampuan ekonomi tinggi maupun yang kurang mampu. Karena itu, ketika kita mendapatkan kesempatan untuk belajar di sana, hal itu merupakan suatu anugerah yang luar biasa yang diberikan oleh Tuhan YME, dan di saat yang bersamaan juga merupakan amanah dari orang tua kita, keluarga kita, masyarakat kita dan seluruh rakyat dan bangsa Indonesia kepada kita. Seluruh rakyat Indonesia, selama memenuhi standar akademik yang ditetapkan, berhak berkuliah di ITB.

Kondisi ekonomi tidak boleh menjadi halangan dalam menempuh pendidikan di ITB. Itu telah menjadi komitmen kami, yang kami buktikan dengan dukungan penuh kami terhadap program Bidikmisi pemerintah, serta usaha kami dalam mencari dan menyalurkan sejumlah beasiswa bagi para mahasiswa kami yang membutuhkan. Bagi sebagian masyarakat Indonesia, Program Bidikmisi ibarat sebuah lentera yang memberikan secercah sinar harapan ditengah-tengah gelapnya malam, akibat berbagai hambatan dan keterbatasan. Namun lentera ini tidak dapat diperoleh dengan mudah. Ia hanya dapat diperoleh dengan kerja keras dan perjuangan.

Para penerima beasiswa Bidikmisi ITB telah membuktikan bahwa mereka adalah pribadi yang tangguh, meski dengan segala keterbatasan, mereka tidak pernah menyerah untuk meraih mimpinya dengan berkuliah di ITB. Buku ini mengisahkan sebagian kecil dari potret perjuangan para penerima beasiswa Bidikmisi ITB dalam meraih cita. Semoga hadirnya buku ini dapat menjadi inspirasi yang mendorong semangat dan kepercayaan diri para anak negeri untuk meraih mimpi. Dan dengan berbagi kisah ini, semoga semakin banyak komponen masyarakat Indonesia yang berkontribusi, bahu membahu untuk mencerdaskan anak bangsa. 

Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Prof. Akhmaloka, Ph.D.

Rektor Institut Teknologi Bandung

Download Buku Berani Mimpi Berani Aksi

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *